Cara Pakai SMS Jadi Pesan Serupa WhatApp, Tanpa Potong Pulsa
Date of Article (05 October 2020) Knowledge

Siapa yang tidak mau mengirim chat, gambar hingga video tanpa memotong pulsa. Sekarang para pengguna Google Message di Android dapat merasakannya.

Google Message di gawai tipe Android dapat mengubah fitur SMS serupa dengan WhatsApp yang dikenal sebagai Fitur Rich Communication Services (RCS).

Fitur ini membuat aplikasi Message buatan Google bisa mengirimkan chat, gambar hingga video tanpa harus memotong pulsa. Namun pengirim dan penerima diwajibkan mengaktifkan fitur RCS di ponsel Androidnya dan memastikan gawai aktif pada jaringan internet.

Harus diingat pula bahwa pengguna Android terkadang harus mengunduh aplikasi Message buatan Android. Sebab biasanya beberapa vendor, seperti Samsung dan Xiaomi, memiliki aplikasi Message bawaan.

Cara aktifkan RCS
Cara mengaktifkannya cukup mudah, pengguna buka Message kemudian pilih ikon tiga titik di pojok kanan atas layar.

Kemudian pengguna pilih 'Setting', pilih 'General', kemudian pilih, 'Chat features'. Di 'Chat features' pengguna bisa mengaktifkan pilihan 'Enable chat' features'.

Pengguna kemudian diminta memasukkan nomor ponsel. Selanjutnya pengguna akan menerima notifikasi 'Status Connected' yang menandakan SMS tak akan lagi memotong pulsa.

Bagi BFibes yang sudah terlanjur menggunakan aplikasi SMS bawaan ponsel, pengguna dapat mengubah default aplikasi dengan cara berikut :

Buka 'Settings', kemudian pilih 'App and Notification'.

Selanjutnya pilih 'Default App', pilih 'SMS', kemudian ubah pilihan ke aplikasi 'Messages'.

Dilansir dari Digital Trend melalui portal berita CNN, RCS hanya bisa diaktifkan apabila operator seluler telah mendukung RCS tersebut. Sementara untuk Apple belum mendukung RCS. 

Rich Communication Services (RCS) adalah protokol yang pada akhirnya dapat menggantikan SMS. RCS dibentuk oleh sekelompok promotor industri pada 2007 yang kemudian dibawa ke Asosiasi GSM.

Add Comment

Contact Us

OUR Address

PT.BALI TOWERINDO SENTRA, Tbk
Wisma KEIAI, 22nd Floor
Jl. Jendral Sudirman Kav 3
Jakarta 10210, Indonesia

For any general inquiries, please fill in the following contact form :

Thanks for submitting !