Tren Teknologi di Era New Normal
Date of Article (10 July 2020) Knowledge

Sejak pandemi covid 19 mewabah di sejumlah negara termasuk Indonesia, dunia semakin dekat dengan teknologi untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Mulai dari bekerja dari rumah, belajar dari rumah, hingga resepsi pernikahan yang juga bisa dilakukan melalui ruang virtual.

Berikut tren teknologi di era new normal yang tidak disadari sudah menjadi kebutuhan banyak orang.

1. Work From Home
Konsep bekerja dari rumah ini menjadi tren yang diterapkan seluruh perusahaan di dunia. Setiap orang mengandalkan koneksi internet agar dapat melalukan rapat, diskusi dan lainnya menggunakan aplikasi konferensi video.

Berbagai aplikasi rapat online yang biasa digunakan adalah WhatsApp, Skype, Zoom, BlueJeans hingga Google Hangouts.

2. Konsultasi dokter online

WhatsApp_Image_2020-07-10_at_07_19_25.jpeg (600×375)
Pandemi yang membatasi gerak masyarakat demi memutus mata rantai penyebaran covid 19 ini juga mendatangkan tren konsultasi dokter secara online.

Dikutip dari Kompas dan situs Covid 19 RI, penggunaan platform layanan kesehatan digital (Telemedicine) sangat dianjurkan agar tetap dapat mengikuti protokol kesehatan yang dirilis oleh pemerintah.

Tren ini memudahkan individu berkonsultasi dengan dokter tanpa harus melalui tatap muka, tak hanya itu pasien juga bisa langsung membeli obat berdasarkan resep digital yang dikirimkan dokter setelah sesi konsultasi.

3. Penggunaan robot dan AI

Robot dan Artificial Intelligence (AI) semakin dimanfaatkan selama pandemi berlangsung.

WhatsApp_Image_2020-07-10_at_07_19_24.jpeg (750×500)

Dilansir dari CNN, AI juga dimanfaatkan oleh tenaga medis untuk melawan Covid-19. Salah satu contohnya adalah IBM merancang supercomputer dengan otak kecerdasan buatan (AI) yang mampu menjalankan ribuan simulasi untuk menganalisis senyawa obat yang efektif menghentikan infeksi virus SARS-CoV-2. 

Add Comment

Contact Us

OUR Address

PT.BALI TOWERINDO SENTRA, Tbk
Wisma KEIAI, 22nd Floor
Jl. Jendral Sudirman Kav 3
Jakarta 10210, Indonesia

For any general inquiries, please fill in the following contact form :

Thanks for submitting !