3 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Beli Webcam
Date of Article (Mei, 2 2020) Event

Sejak pandemi Covid 19 melanda, setiap individu dituntut untuk bekerja bahkan belajar dari rumah. 

Kondisi tersebut membuat kita harus siap menggunakan teknologi memumpuni. Selain koneksi internet yang stabil, penggunaan yang meningkat drastis adalah perangkat webcam untuk tatap muka online seperti belajar dan meeting bersama.

Bagaimana memilih webcam yang tepat untuk kebutuhan Anda? Simak tipsnya disini.

1. Resolusi
Berbicara tentang resolusi, maka kita akan berfokus pada megapixel yang ada pada camera. Namun, tak seperti kamera pada umumnya, resolusi yang ada pada webcam biasanya lebih kecil jika dibandingkan dengan kamera biasa.

lensa.png (850×425)

Webcam maksimal memiliki resolusi kamera sebesar 2 megapixel. Rata-rata webcam memiliki resolusi sebesar 1.3 megapixel. Namun, dengan resolusi yang cukup kecil tersebut webcam sudah menampilkan hasil yang cukup bagus.

Selain kekuatan pixel yang ada pada kamera, anda juga harus mempertimbangkan resolusi yang ditawarkan oleh sebuah webcam. Rata-rata resolusi video yang ditawarkan oleh sebuah webcam berada dikisaran 320 x 240 pixel. Untuk ukuran rata-rata tersebut, tampilan video sudah cukup bagus bagi anda yang menggunakan perangkat komputasi seperti netbook. Jika anda menggunakan laptop atau desktop PC yang memiliki ukuran layar yang cukup tinggi, anda bisa menggunakan 640 x 480 pixel.

2. Kecepatan Pengambilan Frame
Kecepatan pengambilan frame per detik yang bisa diproses oleh sebuah webcam harus diperhatikan.

Semakin besar kecepatan pengambilan frame dari sebuah kamera, maka akan semakin baik pula hasil rekaman webcam tersebut. Kecepatan pengambilan frame ini biasanya diukur dengan satuan fps atau frame per second. 

Rata-rata sebuah webcam memiliki kecepatan fps kamera yang berada di angka 10 hingga 30 fps. Namun, disarankan memilih webcam yang mempunyai kecepatan pengambilan frame antara 15 dan 30 fps. Mengapa? karena pada kecepatan minimal 15 fps, anda bisa mendapatkan video yang tidak terlalu jelek dan tetap nyaman untuk dilihat. 

3. Budget
Poin terakhir ini perlu menjadi pertimbangan sebelum membeli webcam. Dalam #BalifiberWebinar besama INOV, Head of Presales INOV, Andry Prayugo menyarankan untuk memilih webcam sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu.

Untuk penggunaan webcam yang standar berkisar Rp400 ribu dan jika Anda membutuhkan webcam dengan kualitas cukup baik berkisar diantara 1 juta – 1,5 juta.

Add Comment

Contact Us

OUR Address

PT.BALI TOWERINDO SENTRA, Tbk
Wisma KEIAI, 22nd Floor
Jl. Jendral Sudirman Kav 3
Jakarta 10210, Indonesia

For any general inquiries, please fill in the following contact form :

Thanks for submitting !